Senin, 29 November 2010

VB6 Animasi Grafik (Dengan FusionCharts)

Dalam VB, ketika datang untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik, pengembang jarang berpikir melampaui MSChart. Komponen MSChart mungkin tampak memadai, tetapi kenyataannya adalah - memiliki beberapa keterbatasan serius. Beberapa keterbatasan yang paling signifikan MSChart adalah bahwa itu tidak interaktif, tidak mendukung animasi dan drill-down. Jadi dengan MSChart, hanya mungkin untuk menggabungkan grafik statis monoton dalam aplikasi Visual Basic.
Dalam tutorial ini, Anda akan diperkenalkan kepada FusionCharts untuk VB - komponen charting yang membantu Anda mengembangkan grafik animasi dan interaktif berbasis Flash untuk aplikasi VB. Tidak ada pengetahuan apapun Flash yang diperlukan untuk dapat menggunakan komponen. Satu-satunya persyaratan adalah untuk Adobe Flash Player 9 plugin yang akan diinstal.
Membuat Grafik untuk Aplikasi VB
Hal ini sangat mudah diterapkan FusionCharts untuk VB. Kami akan mengambil langkah-demi-langkah pendekatan untuk pertama melihat bagaimana untuk memasukkan grafik dalam aplikasi VB dan kemudian mendirikan fitur-fitur canggih seperti drill-down dan menyimpan grafik sebagai gambar.


Contoh sederhana: Membuat pie chart
1. Buat proyek Visual Basic.



  
2. Buka jendela komponen menggunakan CTRL + T atau dengan memilih opsi 'Komponen' dari menu 'Project'. Selanjutnya, FusionCharts pilih untuk VB, dan kemudian klik 'Terapkan' dan akhirnya 'OK'.

 
  
3. Perhatikan, bahwa ikon FusionCharts sekarang telah ditambahkan ke kotak peralatan.
 

4. Klik dua kali ikon FusionCharts - control chart akan ditambahkan ke Formulir, dengan grafik 3D kolom ditampilkan secara default.
FusionCharts untuk VB mendukung beberapa metode input data - dari string XML (disebut metode dataXML), file XML (metode dataURL disebut), menggunakan input data individu, array dan dari database juga.
Karena saya mengatakan hal ini akan menjadi contoh sederhana, kami akan mengambil melihat hanya metode Data dataXML dan Individu masukan. Dan kita akan menggunakan metode lain dalam contoh lain di kemudian hari di tutorial.
5. Tambahkan tiga tombol berikut untuk Formulir:

Control
Name
Caption
Command1 cmdIndividualData &Individual data
Command2 cmdXMLString XML &String
Command3 cmdExit E&xit
 












6. Beralih ke tampilan kode dan masukkan kode berikut di jendela kode.
Private Sub cmdExit_Click()
    End
End Sub

Private Sub cmdIndividualData_Click()
    FusionCharts1.ChartType = pie3d
    FusionCharts1.Data.setChartParams "caption=Match Score; xAxisName=Player Name;yAxisName=Score"
    FusionCharts1.Data.addChartData "90", "label=David"
    FusionCharts1.Data.addChartData "70", "label=Josh"
    FusionCharts1.Data.addChartData "80", "label=Brain"
    FusionCharts1.RenderChart
End Sub

Private Sub cmdXMLString_Click()
    Dim XML As String
    XML = "<chart caption='Match Score' xAxisName='Player Name' yAxisName='Score'><set value='90' label='David' /><set value='70' label='Josh' /><set value='85' label='Brain' /></chart>"
    FusionCharts1.ChartType = pie3d
    FusionCharts1.setDataXML = XML
End Sub


7. Tekan F5 untuk menjalankan proyek - layar berikut akan ditampilkan. Layar tidak menampilkan grafik sebagai data belum dimuat.
   
8. Klik pada 'Menggunakan Fungsi' atau tombol 'XML String' - a pie chart 3D akan ditampilkan.
 
  

1 komentar:

  1. saya sudah pernah coba tutorial di atas, dan berhasil. yg mau saya tanyakan adalah gimana klo datanya beerasal dari database, jadi kita tidak perlu input manual, mohon petunjuk..

    BalasHapus

Silahkan gan komentarnya,,karena komentar anda sangat berarti bagi blog ini...Salam blogger

Jangan lupa kasih komentar nya ya gan...