Sabtu, 04 Desember 2010

Algoritma GOOGLE search

♦ Algoritma pencarian adalah metode yang digunakan oleh search engine untuk memecahkan masalah. Yaitu untuk membantu kita menemukan apa yang dicari.,search engine dibuat untuk membantu kita, membantu memecahkan masalah yang sedang kita hadapi. untuk mencari dan menemukan solusi yang kita inginkan, search engine membutuhkan sebuah teknik atau metode tertentu. Metode yang membuatnya bisa bekerja dan mencarikan solusi untuk permasalahan yang sedang kita hadapi. Metode atau cara kerja inilah yang diistilahkan sebagai Algoritma Pencarian.

♦ Secara umum, algoritma pencarian adalah sebuah prosedure yang bekerja dalam satu arah. Cara kerjanya sebagai berikut, pertama ada masalah, kemudian mencari berbagai solusi yang mempunyai kemungkinan sebagai pemecahannya, lalu keluar dengan hasil akhir yaitu sebuah solusi. Dengan metode atau prosedure seperti itulah sebuah search engine bekerja. Pertama dia akan meminta masukan atau sebuah permasalahan. Masalah disini yaitu kata/kalimat yang ingin kita cari di internet. Setelah kita memasukkan kata kedalam kotak yang disediakan, kemudian mengklik tombol search, maka prosedure kedua dijalankan oleh search engine.

♦ Pada tahap kedua inilah algoritma pencarian mulai bekerja. Melalui algoritma ini search engine akan berusaha mengumpulkan, dan mengurutkan berbagai solusi yang menurutnya mempunyai keterkaitan dengan kata/kalimat yang dicari. Dan keluar dengan hasil akhir yaitu menampilkan berbagai halaman web yang menurut search engine tadi berhubungan dengan kata/kalimat yang dicari.

♦ Ada berbagai macam algoritma pencarian yang bisa digunakan oleh search engine untuk memecahkan masalah. Masing-masing search engine menggunakan metodanya sendiri. Itulah yang menyebabkan mengapa saat kita mencari menggunakan kata/kalimat yang sama namun di search engine yang berbeda, akan mendapatkan hasil yang berbeda pula.

♦Berikut ini beberapa macam algortima pencarian yang digunakan oleh search engine:

◘ List Search:
   •Algoritma ini bekerja dengan cara mencari secara berurutan. Kita bisa membayangkannya seperti saat kita ingin mencari seseorang dalam sebuah antrian. Maka kita mencarinya dengan cara memeriksa satu persatu, dari awal antrian hingga kita menemukan orang yang ingin kita cari. Cara atau algoritma seperti ini biasanya digunakan saat kita ingin mencari dengan menggunakan satu faktor atau satu kunci saja sebagai penentu. Untuk antrian yang pendek, cara ini mungkin cukup efektif dan efisien. Tapi untuk mencari sebuah kata dari milyaran web page yang ada di internet, maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

◘ Tree Search
    •Bayangkan sebuah pohon! Bayangkan mulai dari akar, batang, cabang, kemudian ranting-rantingnya. Begitulah cara kerja dari algoritma ini. Algoritma ini akan bekerja dengan cara mencarinya dari yang paling mendekati hingga ke yang paling tidak mendekati. Atau bisa juga dikatakan dari yang paling umum hingga ke yang paling spesifik, atau sebaliknya.Algoritma ini mirip dengan cara yang digunakan orang untuk mengatur internet. Seperti yang kita tahu, setiap situs yang ada di internet itu mempunyai keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Kita bisa menelusuri keterkaitan ini dengan cara memulai dari tingkat yang paling kecil dulu, kemudian ke tingkat yang paling besar, atau sebaliknya. Tree searches adalah cara yang ampuh digunakan untuk melakukan pencarian di internet, akan tetapi cara ini tidak selalu memberikan hasil yang
memuaskan.

◘ SQL Search
    •Diambil dari kata sequel. Satu kelemahan saat melakukan pencarian menggunakan metode Tree Search yaitu pencarian dilakukan dengan cara dari point ke point, atau dari satu titik ke titik. Itu artinya data harus dicari secara hirarki, dari besar ke kecil atau sebaliknya. Dan kelemahan ini bisa teratasi dengan menggunakan SQL search.

◘ Informed Search
    •Algoritma informed search bekerja dengan cara mencari solusi yang spesifik atau khusus dari sebuah dataset yang bercabang-cabang (tree dataset). Sesuai dengan namanya, algoritma ini tidak selalu cocok digunakan untuk melakukan pencarian di internet. Karena algoritma ini cuma cocok digunakan untuk pemecahan masalah-masalah yang spesifik atau khusus saja. Sedangkan kita seringkali ingin mencari pemecahan untuk masalah-masalah yang bersifat umum atau luas.


◘ Adversarial Search
   •Adversarial search bekerja dengan cara mencari berbagai kemungkinan solusi atas sebuah masalah. Ini seperti saat kita melakukan permainan rolex atau gambling, dimana semua kemungkinan akan kita coba. Algoritma ini sulit digunakan untuk melakukan pencarian di internet, sebab berapa banyak kemungkinan yang akan di dapat untuk mencari sebuah kata di internet? Nyaris tak terhingga.

◘ Constraint Satisfaction Search
   •Saat kita mencari suatu kata/kalimat di internet, maka algoritma constraint satisfaction search ini sepertinya adalah metode yang paling mendekati atau sesuai dengan keinginan mu. Algoritma pencarian jenis ini, akan mencari solusi dengan cara memberikan berbagai alternatif pilihan. Algoritma ini akan mencari dengan berbagai cara, dan tidak harus dengan cara yang berurutan.Itu tadi beberapa algoritma yang diperlukan saat sebuah search engine akan dibuat. Dan seringkali lebih dari satu algoritma yang digunakan oleh sebuah search engine. Dan seringkali juga, search engine tertentu akan membuat algoritma yang baru.

Bagaimana Google melakukan pencarian ?
   • Google menampilkan hasil pencarian berdasarkan banyak faktor, yang menentukan ranking sebuah website pada search engine results page (SERP). Google telah mengalahkan website-website lain sebagai website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Tentu saja ini berarti mendapatkan tempat duduk terbaik di Google SERP berarti peningkatan jumlah pengunjung dalam jumlah yang sangat besar. Dasar pencarian search engine Google serupa dengan search engine lainnya. Program otomatis yang disebut spiders atau crawlers menjelajahi website demi website dan membuat index yang memuat kata-kata kunci. Kata kunci ini yang dipanggil ketika pengguna google mencari informasi. Sebuah program spider atau crawler juga memiliki
kelebihan-kelebihan khusus seperti mendeteksi website yang hanya membawa user ke website lain (reddirection). Lokasi keyword juga memegang peran pada bagaimana google menemukan webistewebsite. Walau Google mencari keyword di semua halaman sebuah website, beberapa seksi seperti webpage title dan headings berperan lebih penting dari halaman-halaman lainnya. Meta keyword juga diperhitungkan walau keyword yang terlalu banyak justru membuat Google mengabaikan semua meta keyword yang ada.
Sistem PageRank Fitur Google yang paling penting adalah sistem PageRank, sebuah proses otomatis yang
menentukan lokasi hasil pencarian. Bagaimana Google menentukan PageRank ini merupakan suatu hal yang rahasia. Yang pasti, beberapa hal yang menjadi pertimbangan PageRank adalah sebagai berikut:


Google juga tidak menjual posisi pencariannya. Semua website yang muncul pada hasil Google SERP murni hasil dari PageRank. Google tidak menjual posisi pencarian namun Google menyediakan ruang khusus di bagian kanan untuk sponsor-sponsor yang bersangkutan dengan hasil pencarian.

Untuk setiap hasil pencarian, PageRank akan menambahkan nilai pada website-website
yang ditampilkan.

Link sebuah website dengan website-website lain menambah jumlah nilai PageRank. Logikanya adalah website dengan isi berkualitas akan mendapatkan lebih banyak direferensikan oleh website-website lain daripada website yang biasa-biasa saja.

Tidak semua voting bernilai sama. Voting dari website yang memiliki PageRank tinggi memberi nilai lebih dibanding dari website dengan PageRank rendah. Hal ini mencegah orang-orang meningkatkan nilai PageRank mereka dengan membuat website-website kosong yang me-link website utama mereka.

Sebuah website yang melink banyak website memberi nilai lebih sedikit pada websitewebsite yang di-link dibandingkandengan website yang melink beberapa website.

Seberapa lama sebuah website telah berdiri menambah nilai PageRank.

Kekuatan nama domain sebuah website menambah nilai PageRank.

Beberapa orang berkata bahwa Google menggunakan sebuah grup orang-orang untuk mengevaluasi hasil search enginenya secara manual namun Google menentang hal ini.

1 komentar:

Silahkan gan komentarnya,,karena komentar anda sangat berarti bagi blog ini...Salam blogger

Jangan lupa kasih komentar nya ya gan...